Jumat, 20 Maret 2015

Motor Bakar


Tahukah kalian apa saja penerapan dari Hukum I Termodinamika? Motor bakar adalah salah satu penerapannya. 
Ternyata Nikolas August Otto (14 Juni 1832 – 28 Januari 1891) ini adalah penemu Mesin Bakar yang berasal dari Jerman tahun 1864. Nikolas August Otto pertama kali membuat mesin motor bakar pada tahun 1876. Mesin atmosfer pertamanya selesai pada Mei 1867. 5 tahun kemudian ia disusul oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dan bersama mereka ciptakan gagasan putaran empat tak atau putaran Otto.

Putaran Otto pertama kali dibuat pada 1876, tak itu merupakan gerakan naik atau turun pada piston silinder. Paten Otto dibuat tak berlaku pada 1886 saat ditemukan bahwa penemu lain, Alphonse Beau de Rochas, telah membuat asas putaran 4 tak dalam selebaran yang diterbitkan sendirian.

Ada dua jenis motor bakar, di antaranya:
Motor bensin
Motor bensin adalah suatu mekanisme atau konstruksi mesin yang mengubah energy panas dari bahan bakar menjadi energi gerak. Motor bensin dapat dibagi menjadi 2 yaitu:
Motor bensin 2 tak
Adalah mesin/motor yang memerlukan dua langkah torak atau 1 kali langkah ke atas ascending stroke dan 1 kali langkah ke bawah discending stroke untuk memperoleh 1 kali usaha di ruang pembakaran.
Motor bensin 4 tak
Adalah mesin/motor yang memerlukan 4 kali langkah torak atau 2 kali langkah ke atas dan 2 kali langkah ke bawah untuk memperoleh 1 kali usaha di ruang pembakaran.

Motor diesel
Motor diesel adalah sejenis mesin pembakaran dalam; lebih spesifik lagi, sebuah mesin pemicu, dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi dan bukan oleh alat berenergi lain seperti busi.


0 komentar:

Posting Komentar